Latar Belakang STIKes Nan Tongga

image

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKS) diberbagai bidang termasuk bidang kesehatan pada dekade terakhir ini telah maju dengan sangat pesat. Disamping itu, pada era globalisasi ini, perkembangan tersebut disertai dengan kebebasan untuk berinteraksi antar negara yang tidak tampa batas lagi, sehingga apa yang terjadi di suatu negara akan dengan mudah dapat terjadi dinegara lainnya.

Kebebasan berhubungan diberbagai bidang kehidupan telah memberikan dampak perubahan baik yang bersifat positif maupun negatif. Salah satu perubahan yang terjadi saat ini dibidang kesehatan dengan semakin banyaknya Rumah Sakit Asing yang mempunyai teknologi tinggi berdiri di beberapa kota besar  di Indonesia yang membutuhkan tenaga perawat berkualitas, sehingga kebutuhan akan tenaga Keperawatan/Ners yang handal cerdas dan kompetitif semakin tidak dapat ditunda lagi.

Sasaran pelayanan kesehatan dasar, lebih dititik beratkan pada ketersediaan tenaga yang professional bidang kesehatan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang cukup memadai, hal ini perlu kiranya meningkatkan penyediaan dan peningkatan mutu tenaga kesehatan dengan memobilisasi peran serta swasta dan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

Yayasan Pendidikan Kesehatan Nan Tongga Lubuk Alung   telah ikut berpartisipasi dalam membantu program Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam memajukan pengembangan sumber daya manusia bidang kesehatan, dimana Yayasan Pendidikan Kesehatan Nan Tongga Lubuk Alung telah membina 1 (satu )   perguruan tinggi jenjang diploma tiga yaitu : Akademi Keperawatan (AKPER) Nan Tongga  Lubuk Alung. Dengan izin operasional dari Departemen Kesehatan RI No. HK .00.0611.1.1142 pada tanggal 1 April 1995, maka Akademi Perawatan Nan Tongga Pariaman mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 1995 / 1996 sebanyak 50 orang dan SK perpanjangan izin  penyelenggaraan dari Pusdiknakes dengan No. HK.00.06.1.1.1244.

Berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Kesehatan Nan Tongga Pariaman No: 19 / YPKN / 11 / 1995 yang menjabat sebagai Direktur Akademi Perawatan Nan Tongga  Pariaman pertama  adalah Dr. H. Nazaruddin, SKM. Akademi Perawatan Nan Tongga Pariaman pada Tahun Pertama menempati gedung bertempat di Kelurahan Ujung Batung Pariaman ±  2 KM dari pusat Kota Pariaman. Pada tahun ajaran 1996 / 1997 dengan izin Bapak Ir.Nasrul Syahrun selaku Bupati KDH Tk II Padang Pariaman dan Bapak Dr. H. Juslis Katin, SKM selaku Ka.Kanwil Depkes RI Prop. Sumbar, AKPER Nan Tongga Pariaman pindah ke Lubuk Alung menempati gedung ex BLKM di Jl. Raya Padang – Bukittinggi KM. 32 Lubuk Alung ( ± 25 KM ) dari kota Pariaman. Pada bulan September 2004 AKPER Nan Tongga Lubuk Alung telah menempati gedung sendiri yang dilengkapi dengan ruangan Kuliah, Pustaka, Labor dan ruangan penunjang pendidikan lainnya.

Akademi Perawatan Nan Tongga Lubuk Alung sudah melaksanakan 14 kali   Wisuda dari XIV  Angkatan dengan jumlah lulusan 649 orang. Dan sudah bekerja di Rumah Sakit instansi pemerintahan dan swasta di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya juga ada yang bekerja di Rumah Sakit Luar Negeri yaitu ke Malaysia, Kuwait, Arab Saudi, Jepang dan Australia.

Berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat umumnya  terhadap Rumah Sakit, Balai Kesehatan Masyarakat / Puskesmas, Rumah Bersalin, Poliklinik, Dinas Kesehatan serta instansi terkait lainnya mereka umumnya sangat membutuhkan tenaga ahli bidang kesehatan jenjang studi Strata 1 (S1). Melihat peluang di atas dan besarnya permintaan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman sekitarnya akan pendidikan tinggi yang berbasis bidang ilmu kesehatan, maka pada tahun akademik 2008/2009 Yayasan Pendidikan Kesehatan Nan Tongga Lubuk Alung  sebagai badan penyelenggara AKPER Nan Tongga  Lubuk Alung  meningkatkan / mengembangkan Akademi Keperawatan Nan Tongga  Lubuk Alung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nan Tongga  Lubuk Alung  dengan keluarnya ijin Operasional dari Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 154/D/O/2009 tanggal 30 September 2009 dengan :
a).  Program studi Keperawatan (DIII)
b). Program Studi Keperwatan (S1)

Untuk mendukung keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nan Tongga  Lubuk Alung ini, Yayasan Pendidikan Kesehatan Nan Tongga Lubuk Alung  sebagai badan penyelenggara telah menyiapkan sarana dan prasarana yang cukup serta tenaga dosen/staf pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan bidang ilmu yang dibuka, dengan Ketua STIKes Ns.Sila Dewi Anggreni, SPd, M.Kep, Sp.KMB dan sekarang Ketua di jabat oleh Hermalinda, Ns.Sp.Kep.An